SILAHKAN DI SHARE Yakinkah dan Sudah Benarkah Pola Minum Anda?? Simak Penuturannya ya ,....

Minum delapan gelas air, dan itu cukup untuk menghindrasi tubuh selama 24 jam. Bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Mungkin selama ini Anda berpikir demikian. Ternyata, aturan minum tidak sesederhana itu.
Ada beberapa kesalahan yang dilakukan banyak orang dalam rangka mencukupi kebutuhannya akan cairan. Inilah lima kesalahan pola minum yang dilakukan banyak orang selama ini, plus cara memperbaikinya.




1. Minum hanya saat berolahraga
Ya! Meski Anda sudah meneguk air putih beberapa kali sepanjang sesi latihan, terkadang Anda tetap merasa kurang cairan dan pusing. Ini terjadi, karena sebelum olahraga tubuh Anda tidak cukup cairan.

Maka itu, minumlah setidaknya empat gelas air sebelum mulai berolahraga, saran Larysa DiDidio, personal trainer di PFX Fitness, New York.



2. Memaksa diri minum delapan gelas perhari
Selama ini kita dianjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas setiap hari. Padahal, Institute of Medicine di Amerika Serikat mengatakan, rata-rata kebutuhan normal tubuh orang dewasa adalah 11,4 cangkir perhari. Jumlah ini bisa berubah tergantung pada ukuran tubuh, kegiatan harian, dan jenis makanan Anda.

Orang yang rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air tidak perlu minum sebanyak mereka yang suka mengonsumsi makanan kering.

Mereka yang sangat aktif secara fisik, perlu minum lebih banyak dari orang yang level aktivitas fisiknya rendah atau moderat.



3. Anti kopi dan teh
Banyak orang percaya kafein di dalam teh dan kopi bisa membuat tubuh dehidrasi. Menurut Lisa Cashman, RD, pakar diet dari New York, hal itu adalah mitos.

Ia mengatakan, "Kafein memang bersifat diuretic, sehingga bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Tapi di dalam minuman kopi dan teh juga ada air yang membantu hidrasi tubuh. Minum kopi dan teh masih lebih baik dibanding tidak minum apapun sama sekali. Tapi Anda harus membatasi konsumsinya tidak lebih dari dua cangkir perhari."



4. Hanya minum saat haus
Ya, memang benar, haus adalah sinyal bahwa tubuh Anda memerlukan tambahan cairan dan Anda seharusnya mematuhi itu. Saat Anda banyak beraktivitas, Anda juga perlu lebih banyak minum.

Tapi, bukan hanya pada saat-saat itu saja Anda harusnya minum. Anda juga harus rutin minum saat mengetik di meja kerja. Bahkan, Gans punya sign board khusus di mejanya bertuliskan: Jangan Lupa Minum.

Intinya, Anda harus rutin minum sepanjang hari atau risiko batu ginjal atau infeksi kandung kemih bisa meningkat.



5.Tidur tanpa didampingi air minum
Keri Gans menganjurkan semua orang untuk minum segelas air sebelum dan saat bangun tidur. Itu sebabnya, setelah menghabiskan segelas air sebelum mata terpejam, isi lagi gelas tersebut sebagai persediaan untuk esok pagi.

Air berguna untuk mengeluarkan racun yang keluar saat kita berkemih. Hampir semua orang punya kebiasaan berkemih begitu mereka bangun tidur.



Sumber: Womens Health

0 Response to "SILAHKAN DI SHARE Yakinkah dan Sudah Benarkah Pola Minum Anda?? Simak Penuturannya ya ,...."

Post a Comment