BACA SAMPAI HABIS ... !!! Kisah Mbah Ro Jualan Bawang Sambil Baca Alquran Jadi Viral, yang Terjadi Setelahnya Bikin Ia Bingung



Sungguh patut menjadi contoh dan ditiru aktivitas seorang nenek penjual bawang ini. Selain berjualan, ia membaca kitab di saat tidak ada pembeli.

Nenek yang berjualan bawang di emperan toko Endang Jaya depan Pasar Kota Magelang, terlihat khusyuk membaca ayat-ayat suci tersebut.

Aktivitas nenek itu diabadikan oleh pemilik akun facebook Siti Entik Sukenti dan diupload di dindingnya pada Senin (13/6/2016) kemarin jam 13.44 WIB. Sebanyak 178 netizen pun menyukainya.

Pada foto tersebut, pemilik akun menuliskan kalimat "berbincang dengan Tuhan, menyiapkan bekal hari kemudian sembari mencari bekal buat hari ini".

"Si nenek yang kedua matanya terjaga dengan baik. Mbahnya jualan bawang lanang, di jalan Pemuda Magelang, tepatnya di emperan toko Endang Jaya, di daerah depan pasar RejowinangunMagelang, setiap bungkus bawang lanang tersebut dijual dengan harga Rp. 20.000, berjualan dari pagi sampai sore...monggo jika ada yang mau silaturahim dengan mbahnya dipersilahkan...jika perlu saya antarkan ke beliau...suwun," tulis pemilik akun Siti Entik Sukenti.

Foto tersebut mendadak menjadi viral setelah pemilik akun Muhamad Mudhakir mengupload foto yang sama pada grupfacebook media informasi kota semarang (MIK SEMAR) pada Selasa (14/6/2016) jam 11.32 WIB.

Dari upload di grup facebook yang diberi keterangan "simbah dodolan dengan tadarusan. Coba siapa berani razia beliau...."sebanyak 179 orang menyukainya.

Foto itu kemudian dikomentari beragam dari para netizen. Seperti pemilik akun Kim Pul yang menuliskan "Subhanallah, sehat, kuat, semoga panjang umur mbah".

"Bisa jadi panutan bagi anak2 muda yang sukanya senang2 saja, lihatlah seorang nenek yang semangat untuk mencari surganya Allah, dengan berjualan bahkan di usianya yang sudah senja, semoga jualannya lancar dan mendapatkan rizki dari Allah, Amin," tulis pemilik akun Alfiah Alfia.

Ternyata nenek tersebut bernama Rohani atau akrab disapa Mbah Ro.

Dengan cekatan dan ramah, sang nenek melayani pembeli.

"Ini bawang lanang, harganya Rp 20.000 per bungkus. Bagus untuk obat darah tinggi (hipertensi), dibuat sambal, lalu dicampur dengan minyak goreng juga enak sekali," kata Mbah Ro kepada Kompas.com saat datang ke lapaknya, Selasa (14/6/2016).

Nenek berusia sekitar 90 tahun itu kemudian kembali melanjutkan membaca kitab berjudul Latiful Mutaharoh. Meski sudah lanjut usia, Mbah Ro sama sekali tidak kesulitan membaca setiap baris tulisan Arab dalam kitab itu meski tanpa bantuan kacamata.

Pendengarannya juga masih bagus untuk wanita seusia Mbah Ro. Beberapa menit kemudian, Mbah Ro menutup kitab dan merapikannya. Ia lantas membungkus bawang-bawangnya ke dalam plastik bening sembari berbagi cerita.

Menurut nenek dengan lima cucu dan sembilan cicit itu, membaca Al Quran maupun kitab sudah menjadi kebiasaannya sejak kecil. Sebagai muslimah, ia tidak pernah meninggalkan kebiasaan itu karena telah diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

"Sebelum berangkat jualan, saya baca Al Quran dulu sebentar. Nah kalau sambil jualan begini baca kitab yang isinya soal fikih Islam, soal wudhu, soal puasa, dan sebagainya. Saya sudah sampai jilid tujuh," ucap Mbah Ro.

"Nanti malam baca Al Quran lagi di rumah. Kalau baca (Al Quran) di sini (lapak) suka dibilang pamer," katanya.

Mbah Ro mengatakan sejak kecil memang gemar berdagang. Semula, ia memiliki lapak di dalam Pasar Rejowinangun. Namun, lapaknya hancur akibat peristiwa kebakaran pada tahun 2008 silam. Dia tetap berjualan meski terpaksa di emperan toko tidak jauh dari Pasar Rejowinangun.

Menurut Mbah Ro, empat anak-anaknya sudah melarangnya berjualan. Namun, ia tidak bisa hanya berdiam diri di dalam rumah, apalagi hanya berpangku tangan meminta belas kasih anak-anaknya maupun orang-orang sekitarnya.

"Simbah memang dari dulu sudah dagang, ini yang dicontohkan kanjeng Nabi Muhammad SAW, angsal donya lan akhirate (dapat dunia dan akhirat)," tuturnya.

Mbah Ro yang tinggal sendiri di Kampung Ganten, KotaMagelang, itu mengaku dagangannya pernah diangkut petugas Satpol PP yang sedang razia beberapa bulan lalu. Mbah Ro harus berdebat dengan petugas demi mendapatkan kembali bawang-bawang miliknya.

"Simbah diantar teman ke kantor Satpol PP. Sampai di sana simbah masih disemayani (dijanjikan) kalau bawang simbah baru bisa diambil dua hari lagi," kenang Mbah Ro sembari menyeka air matanya.

Pada bulan Ramadhan ini, Mbah Ro tetap menjalankan ibadah puasa wajib. Bahkan, pada hari-hari biasa, Mbah Ro sudah menjalankan puasa sunah Senin dan Kamis.

"Shalat dan puasa itu wajib. Kalau sedang sakit dibolehkan shalat sambil tidur, boleh pakai isyarat, namanya wajib, ya enggak boleh ditinggalkan," ucap Mbah Ro yang asli Dusun Gedongan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, itu.

"Kalau puasa Senin dan Kamis itu dulu diajarkan sama guru mengaji simbah agar mudah membaca dan membaca Al Quran. Di akhirat nanti ini (Al Quran) yang akan menolong simbah," kata dia.

Mbah Ro kemudian mengingatkan bahwa usianya sudah tidak muda lagi. Hampir semua kawan-kawan seusianya sudah meninggal dunia. Semua yang ia jalani di dunia adalah anugerah dari Allah SWT yang patut disyukuri.

"Yang ngasih sehat itu kan Gusti Allah, kita hanya harus bersyukur dengan cara ngibadah,” ujarnya.

Kisah Mbah Ro ini belakangan menjadi perbincangan netizen di media sosial Facebook dan Twitter. Salah seorang warga telah mem-posting foto Mbah Ro ini yang sedang berjualan bawang sembari membaca kitab.

Setelah posting-an di media sosial itu, Mbah Ro mengaku mendapatkan banyak kejutan setiap hari. Ada orang yang tiba-tiba memberinya Al Quran, mukena, hingga memborong bawang dan kemirinya.

"Kulo mboten mangertos (saya tidak mengerti), kok tiba-tiba banyak yang datang ke sini, sedanten kersane Gusti Allah (semua atas kehendak Allah)," tuturnya.

(Sumber:http://jateng.tribunnews.com)

0 Response to "BACA SAMPAI HABIS ... !!! Kisah Mbah Ro Jualan Bawang Sambil Baca Alquran Jadi Viral, yang Terjadi Setelahnya Bikin Ia Bingung"

Post a Comment