TERUNGKAP berikut Inilah 32 Fakta Menakjubkan Burung

Burung adalah hewan yang memiliki sayap dan bulu. Hampir semua burung dapat terbang, tapi tidak semuanya. Beberapa dapat berenang. Ada sekitar 9000 jenis burung. Yang terkecil bisa kaugenggam di dalam tangan anda. Yang terbesar, yaitu buurung unta, lebih tinggi daripada manusia. Burung adalah vertebrata berdarah panas dengan bulu. Mereka diduga telah berevolusi lebih dari 150 juta tahun yang lalu dari nenek moyang reptil Mesozoikum. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Berdasarkan susunan anatominya, bulu dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
  • Plumae, merupakan bulu yang memberi bentuk dasar tubuh yang berada pada sayap dan ekor. Macam bulu ini berfungsi untuk terbang.
  • Plumuae, merupakan bulu yang terdapat pada burung yang masih muda dan pada burung yang sedang mengerami telur. Macam bulu ini berfungsi sebagai isolator (misalnya, terhadap suhu).
  • Filoplumae, merupakan bulu yang memiliki rambut. Bulu tersebut tumbuh diseluruh permukaan tubuh. Macam bulu ini berfungsi sebagai sensor.

Burung telah memberikan manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia. Beberapa jenis burung, seperti ayam, kalkun, angsa dan bebek telah didomestikasi sejak lama dan merupakan sumber protein yang penting; baik daging maupun telurya. Burung memiliki paruh ringan daripada rahang penuh dengan gigi yang berat, dan beberapa organ internal mengurangi ukuran atau tidak. Stabilitas dalam penerbangan meningkat dengan rencana tubuh secara keseluruhan burung, yang menempatkan massa terbesar di daerah terpusat antara sayap, menyediakan pusat kompak gravitasi.

  • Dimana Burung Tinggal?

Burung hidup diseluruh dunia. Ada yang tinggal di kebun, kota, dan taman. Yang lain tinggal di hutan tropis, gurun, hutan atau lautan. Bahkan ada burung yang hidup di bongkahan es Arktik dan Antartika. Dimana pun mereka tinggal, burung menghasilkan panas tubuh menggunakan energi dari makanan. Ini disebut berdarah hangat.

  • Bulu

Burung adalah satu-satunya hewa yang memiliki bulu yang disebut feather. Bulu burung yang lembut dan halus menjaga burung tetap hangat. Mereka juga mempunyai bulu sayap yang kuat. Bulu-bulu luar antiair, agar tetap kering meski dalam guyuran hujan. 

Bulu burung beraneka warna. Banyak burung betina terutama berbulu cokelat, sehingga merekadapat melebur dengan lingkungan sekitar. Burung jantan sering kali berwarna mencolok untuk menarik pasangan. Burung merupakan satu-satunya hewan modern yang memiliki bulu pada sebagian besar tubuhnya. Ada dua jenis bulu, yaitu bulu terbang dan bulu bawah. Bulu bawah berguna untuk menghalangi hilangnya panas tubuh. Tubuh burung tidak sepenuhnya ditumbuhi oleh bulu. Sebagian permukaan kulit yang tidak berbulu disebut apteria, sedangkan yang berbulu disebut pterilae.

  • Bayi Burung

Burug bertelur, biasanya di dalam sarang. Kebanyakan induk burung mengerami telurnya agar tetap hangat. Setelah telur menetas, induknya memberi makan anak-anaknya sampai mereka cukup besar untuk mencari makanan sendiri.

  • Makanan Burung.

Paruh burung bentuknya aneka macam. Burung pipit memiliki paruh yang pendek dan kuat untuk memcahkan biji. Bebek mempunyai paruh pipih untuk menarik rumput air. Burung pengarung dan burung laut memiliki paruh panjang dan tajam untuk menusuk ikan.

  • Burung Pemangsa

Elang dan rajawali adalah burung-burung pemangsa. Mereka memburu dan memangsa hewan-hewan lain untuk dijadikan makanan. Mereka mempunyai kuku besar yang disebut cakar untuk mencengkram mangsa dan paruh seperti kait untuk merobek-robek daging.

  • Kicauan Burung

Burung bercericip dan berkicau  untuk berkomunikasi satu sama lain. Beberapa kicauan menarik pasnagan. Ada juga cericip untuk memperingatkan bahwa ada bahaya atau untuk menjaga agar sekawanan burung tidak berpencar.

TAHUKAH ANDA!
  • Burung tidak bergigi. Mereka menelan makanan bulat-bulat. Mereka menelan batu-batu kecil yang membantu mencerna makanan di dalam perut. 
  • Burung hantu kecil mengepakkan sayap untuk terbang dan juga bisa meluncur di atas angin
  • Layang-layang merah adalah burung pemangsa. Pelinghatannya yang tajam dapat menemukan hewan-hewan kecil jauh di atas permukaan tanah. 
  • Albatros adalah burung laut. Sayapnya yang lebar bisa mencapai 4 m. 
  • Burung terukur bertelur di sarang burung lain dan burung lain itu akan membesarkan bayi-bayi burung tersebut. 
  • Burung rawa hidup sepanjang tepian dan danau.
  • Bulu burung terbuat dari ratusan rambutyang disebut barb.

Fakta Unik Burung
  1. Burung tertua yang dikenal sebagai Archaeopteryx dan hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu. Itu adalah ukuran gagak, ditutupi dengan bulu, dan memiliki sayap.
  2. Kuning telur paling yang banyak pernah ditemukan dalam telur ayam tunggal adalah ada sembilan.
  3. Burung beracun hanya dikenal di dunia adalah pitohui berkerudung Papua Nugini. Racun ini ditemukan di kulit dan bulu.
  4. Para burung bangkai kalkun Amerika membantu insinyur(manusia) mendeteksi retak atau pecah pipa bahan bakar bawah tanah. Bahan bakar bocor berbau seperti makanan burung bangkai (mereka makan bangkai),dan burung-burung berkerumun tepat di sekitar kebocoran gas dan itu seperti menunjukkan pada para ahli di mana garis yang perlu diperbaiki.
  5. Telur burung unta perlu direbus selama 2 jam untuk mendapatkan telur rebus.
  6. Telur Albatross Royal memerlukan 79 hari untuk menetas.
  7. Telur burung kolibri merupakan terkecil di dunia burung, sedangkan telur burung unta, terbesar di dunia.
  8. Proses burung seperti ayam, burung unta, bebek, dan burung camar setelah menetas langsung bisa berjalan.
  9. Beberapa jenis burung yang berasal dari telur dengan kuning lebih besar dari burung altricial seperti burung hantu, burung pelatuk, dan burung penyanyi yang paling kecil yang membutuhkan banyak perawatan dari sang induk untuk bertahan hidup.
  10. Kantung udara dapat membentuk 1/5 dari volume tubuh burung.
  11. Merpati bisa terbang secepat 100 mil per jam. 
  12. Burung Gajah sekarang sudah punah,Madagaskar meletakkan telur yang beratnya £ 27.
  13. Telur burung terkecil di dunia milik humingbird. Telur burung terbesar di dunia milik burung unta.
  14. Ada lebih dari 350 spesies burung beo di dunia.  
  15. Spesies burung beo terkecil adalah Parrots Pygmy, yang rata-rata sekitar 8 cm panjangnya.
  16. Migrasi bebek dan angsa sering terbang dalam formasi bentuk V.
  17. Falcons bisa berjalan di lebih dari 200 mph.
  18. Penguin, burung unta, dan burung dodo adalah jenis burung yang tidak bisa terbang.
  19. Humming birds makan sekitar setiap sepuluh menit, menyeruput turun dua kali berat badan mereka dalam nektar setiap hari.
  20. Merpati pos, Cher Ami, hilang mata dan kakinya sambil membawa pesan dalam Perang Dunia I. Cher Ami memenangkan Palang Distinguished Service. Kakinya digantikan dengan kaki kayu.
  21. Terbesar dari jenis nuri adalah Hyacinth Macaw,yang dapat tumbuh dengan panjang sekitar 40 inci dari paruh ke ujung tailfeathers.  
  22. Pada waktu tertentu, ada burung hidup di mana saja antara satu dan dua miliar di planet ini. 
  23. Satu-satunya spesies burung beo yang membangun sarang adalah Kakatua Quaker. The Quaker menghubungkan sarang mereka bersama-sama dengan struktur bentuk yang mirip dengan "kondominium burung". Sarang ini dapat mencapai berat lebih dari 200 lbs.  
  24. Burung yang paling umum di planet ini adalah Ayam. 
  25. Berdasarkan kesamaan dalam struktur rangka,sejumlah ilmuwan telah berteori bahwa banyak spesies burung moderen berevolusi dari dinosaurus. 
  26. Spesies burung imigran terbang dalam formasi untuk menghemat energi.
  27. Suhu tubuh normal Sebuah burung biasanya 7-8 derajat lebih panas daripada manusia.
  28. Sampai tiga perempat dari udara,ketika burung bernafas digunakan hanya untuk cooling down karena seperti kita tahu bahwa mereka tidak dapat berkeringat.
  29. Jantung seekor burung berdetak 400 kali per menit saat beristirahat dan sampai 1000 kali per menit sambil terbang.
  30. Burung tak bersayap di dunia adalah kiwi Selandia Baru.
  31. Beberapa spesies burung beo harus terbang lebih dari 500 mil per hari di alam bebas untuk mencari makanan.  
  32. Burung memiliki rasa dibandingkan dengan hewan lainnya, dan ilmu pengetahuan belum pasti membuktikan bahwa semua spesies burung memiliki indera penciuman.   

0 Response to "TERUNGKAP berikut Inilah 32 Fakta Menakjubkan Burung"

Post a Comment